a

Breaking

Friday, January 2, 2015

Musical Flyback

Untuk proyek kali ini saya akan kembali bermain dengan flyback, setelah proyek sebelumnya yang bisa kamu lihat di https://belajarelektrons.blogspot.com/2014/06/singing-arc-nyanyian-bunga-api-listrik.html. Dalam proyek ini masih sama dengan singing arc sebelumnya namun dengan menggunakan rangkaian yang berbeda.

Pada rangkaian saya yang sebelumnya suara yang dihasilkan tidak cukup jernih dengan loncatan petir yang kecil/pendek, namun pada rangkaian Musical Flyback ini suara yang dihasilkan jauh lebih jernih dan menghasilkan petir yang yang lebih besar.

Skemanya saya dapatkan dari kang Abdul Hadi yang merupakan salah satu masternya Tesla Coil Indonesia yang saya tahu, berikut ini skema rangkaiannya:



klik gambar untuk memperbesar.


Berikut ini foto aplikasi rangkaiannya:







Untuk ground yang akan dihubungkan ke plat pendingin diambil dari kaki ABL flyback, jika tidak tahu maka hal yang paling mudah adalah dengan mendekatkan kabel anode flyback lalu lihat kaki mana yang disambar petir dari flyback.

Jika kamu ingin membuat pcbnya saya juga sertakan file eagle yang  penampakkannya seperti ini!




Nah agar musik yang dihasilkan juga jernih, kamu juga harus menggunakan file mp3 yang memang dibuat khusus juga, dan filenya saya sudah lampirkan juga beserta file pcbnya yang bisa kamu download diakhir artikel ini.

Hasil percobaannya kamu bisa lihat seperti ini:



credit: Abdul Hadi

DOWNLOAD MUSICAL FLYBACK FILE

No comments:

Post a Comment