a

Breaking

Sunday, June 29, 2014

Singing Arc (Nyanyian Bunga Api Listrik)

Singing Arc atau disebut juga dengan Plasma Speaker adalah percikan listrik bertegangan sangat tinggi yang dimodulasikan dengan frequensi gelombang suara sehingga mengeluarkan bunyi. Rangkaian ini sangat sederhana dengan menggunakan komponen yang sedikit (namanya juga kan sederhana ya pasti sedikitlah).

Berikut ini skema rangkaiannya:





Prinsip Kerja Singing Arc:


- IC 555 menghasilkan frekuensi sekitar 16khz yang kemudian dimodulasikan (dicampur) dengan frekuensi suara dari sumber input seperti mp3 player.

- Kedua potensiometer yaitu R2 dan R3 digunakan untuk mengatur frekuensi yang akan mempengaruhi tegangan keluaran dari flyback.

- Kaki no.3 IC 555 digunakan untuk mendrive MOSFET yang kemudian menginduksi trafo flyback.

- Flyback mengubah tegangan rendah yang berfrekuensi tinggi tersebut menjadi tegangan tinggi diatas 10 kilovolt.

Catatan:


- Rangkaian ini menghasilkan tegangan tinggi jadi SANGAT BERBAHAYA, jadi usakan kamu tidak menyentuh/berdekatan dengan kaki flyback terutama kaki ABL dan kaki anoda flyback (yang berwarna merah)

- Kaki ABL digunakan sebagai ground untuk mengetahui kaki ABL ini ada 2 cara yaitu:

1. Lihat pada pcb tv (jika menggunakan flyback bekas tv yang masih bagus) atau juga bisa mencari lewat internet sesuai dengan kode flyback yang dipakai.

2. Dekatkan kaki anode flyback ke kaki-kaki flyback lalu nyalakan rangkaian, jika muncil percikan listrik itulah kaki ABLnya. Cara ini paling sederhana tapi lebih berbahaya.

3 comments:

  1. […] ini saya akan kembali bermain dengan flyback, setelah proyek sebelumnya yang bisa kamu lihat di http://www.prinsipkerja.com/project/singing-arc/. Dalam proyek ini masih sama dengan singing arc sebelumnya namun dengan menggunakan rangkaian yang […]

    ReplyDelete
  2. It's an awesome paragraph for all the internet visitors;
    they will get benefit from it I am sure.

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing such a nice opinion, paragraph is good, thats why
    i have read it completely

    ReplyDelete