a

Breaking

Sunday, March 29, 2015

Super Simple BLDC (Harddisk Motor) Driver

Setelah melakukan banyak percobaan untuk menyalakan motor harddisk akhirnya dapat  juga skema yang paling gampang, gak ribet, gak butuh program dan yang pasti berhasil dibuat.

Skema aslinya saya dapat disini tapi saya modifikasi sedikit dengan menghilangkan beberapa komponen yang saya anggap tidak perlu, berikut skemanya

Harddisk Motor

Komponen:

Resistor:

R1 -R3 =- 10K

Kapasitor

C1 = 22nf

Mosfet:

IRF3205 atau IRF740 bisa coba juga pake yang lain

IC:

LM741

Rangkaian ini hanya bekerja pada harddisk atau bldc (brushless dc motor) yang mempunyai 4 pin ( 3 phase sinyal dan 1 common) sedangkan untuk motor dengan 3 pin tidak bisa menggunakan rangkaian ini. Pada skema diatas ada titik A,B,C dan D yang dihubungkan ke motor bldc, mungkin setiap harddisk mempunyai konfigurasi pin yang berbeda tapi sebagai referensi ini penempatan pin yang saya gunakan.

Common BLDC

Prinsip Kerja:

IC LM741 merupakan Op-amp, yang digunakan sebagai pembanding tegangan. Pada saat motor diputar dengan menggunakan tangan motor harddisk tersebut menghasilkan listrik kecil yang diumpankan ke input-1 op-amp yang mengakibatkan mosfet on dan kemudian motor bergerak gerakan motor tersebut mengakibatkan induksi koil selanjutnya yang kemudian menghasilkan listrik yang diumpankan ke input-2 yang mengakibatkan mosfet off, proses ini terus berulang dan mengakibatkan motor berputar semakin cepat hingga mencapai kecepatan maksimalnya.

Catatan:

- Rangkaian ini bekerja dengan supply tegangan 8v - 12v.

- Untuk mosfet tidak harus menggunakan IRF3205 silahkan kalau mau coba dengan yang lain, dengan catatan harus memakai pendingin kalau untuk pemakaian jangka lama karena mosfetnya cepat panas.

Video:



 

UPDATE:

Ternyata ada cara yang lebih sederhana lagi tanpa menggunakan rangkaian tambahan sama sekali

silahkan simak video berikut ini atau juga bisa meng-klik tautan https://www.youtube.com/watch?v=KcAovsqutKU

23 comments:

  1. kalau rangkaian sudah dibuat, selanjutnya test + dan - arahnya dimana ya Bosss? trim

    ReplyDelete
  2. arah gimananya? kalo arah putarannya putar pake tangan ke kanan/kiri

    ReplyDelete
  3. kalo dibalik caranya gimana boss? (jadi generator DC)

    ReplyDelete
  4. Bro Gugun, tolong dong daftar komponen lengkapnya,, n bagaimana gambar susunan komponennya,,
    Aku juga tertarik pingin bikin ni..
    Dah lama pengen bisa bikin tu dinamo harddisk muter tp ga bisa bisa..!!!
    Maklum Buta Bahasa Elektro n masih newby banget.. Tolong ya brother Gugun... Makasi sebelumnya..
    Pokoknya aku pengen bisa :D

    ReplyDelete
  5. daftar komponen sudah saya update di tulisan, skemanya juga ada

    ReplyDelete
  6. Udah tak rangkai Trus buat input 12v + dan - yang mana ni bang gugun.. Makasi sebelumnya..

    ReplyDelete
  7. positif yang tanda panah, negatif yang pake simbol ground (ic kaki no.4 dan kaki source mosfet

    ReplyDelete
  8. Mas Gugun, Kalo Besaran Rpmnya Berapa ?

    ReplyDelete
  9. mas, sumbu A,C dan D itu nyambung sama sumbu positif 8-12volt yaa?
    Soalnya tp gk saya sambungin gk muter dinamonya

    ReplyDelete
  10. Bukan, coba lihat skema baik2 itu ada pin A B C D
    ditambah untuk putaran awal harus dibantu tangan

    ReplyDelete
  11. Bro gun itu bisa gak gak usah pake tangan buat dinyalainya.jadi pake saklar.

    ReplyDelete
  12. gak bisa mas, itu harus di puter buta mentrigger rangkaian

    ReplyDelete
  13. Itu postifnya ada 3 apa ada 1 ya gan.

    ReplyDelete
  14. Gan, mo tanya itu kaki Drain mosfetnya nyambung ke VCC atau common motor?

    ReplyDelete
  15. mantap mas...saya coba bkin pake IRF3250, karena skema dari mas saya bingung bacanya, saya bandingkan dg yg ori karya Beau Schwabe, tegangan 12 volt, gak pake putaran tangan, langsung muter sendiri.....wow...mengerikan kecepatannya, gak berani lama2 saya, takut lepas piringannya wkwkwk....tengkyu sharing ilmunya mas

    ReplyDelete
  16. mo tanya lagi mas, misal dipasangkan pada motor CDROM bisa nggak ya?

    ReplyDelete
  17. Tampilan Layout pcb nya mas gugun, gk ngerti saya diagramnya, maklum lagi belajar.

    ReplyDelete
  18. Gmn caranya biar gak pakek tangan

    ReplyDelete
  19. Gan minta skema sama gambarnya gan . Sya coba ga bisa2 soalnya

    ReplyDelete