a

Breaking

Saturday, October 25, 2014

Mini SSTC 12 Volt

Mini SSTC ini merupakan varian dari Tesla Coil. Tesla Coil sendiri pada umumnya ada 2 jenis yaitu SGTC (Spark Gap Tesla Coil) dan SSTC (Solid State Tesla Coil). Pada SGTC, sebagai pemicu induksinya menggunakan spark gap (loncatan bunga api) antara 2 buah logam yang saling berdekatan dengan tegangan yang sudah cukup tinggi (diatas 1000v) dan pada SGTC biasanya menggunakan kapasitor bertegangan tinggi atau juga bisa menggunakan kapasitor air garam (salt water capacitor).

Sedangkan SSTC lebih modern karena sudah tidak menggunakan spark gap konvensional sebagai pemicu, tapi menggunakan rangkaian switching berfrekuensi tinggi yang biasanya power akhirnya memakai mosfet atau IGBT. SSTC ini lebih efisien dari pada SGTC karena pada SSTC tegangan awal yang jauh lebih rendah daripada SGTC.

Kali ini saya coba untuk membuat Mini SSTC 12 Volt alasannya sederhana karena ini lebih aman daripada SSTC yang memakai 220 Volt, walaupun mungkin hasilnya tidak se-optimal yang 220 volt.

Skema ini saya dapat dari http://skory.gylcomp.hu/tesla/mini_tesla.html, jadi jika ingin tahu riset yang lebih dalam silahkan kunjungi linknya. Skema ini sudah saya modifikasi dengan komponen yang lebih mudah didapatkan.



Klik gambar untuk memperbesar.


Berikutnya saya coba membuat PCB nya dengan menggunakan software Eagle, nah untuk kamu yang malas untuk mendesain saya juga sediakan file eagle yang sudah jadi yang tinggal kamu print yang bisa kamu download gratis pada akhir artikel ini. Ini dia penampakkannya:



Klik gambar untuk memperbesar.


Dan ini beberapa foto dari hasil rangkaian yang sudah jadi.









  
Jika masih penasaran silahkan lihat video hasil percobaan saya ini:



DOWNLOAD FILE PCB MINI SSTC 12VOLT

No comments:

Post a Comment