a

Breaking

Saturday, June 28, 2014

Membuat Power Supply Variable 0 - 30v

Untuk orang yang hobi melakukan percobaan rangkaian elektronik seperti saya, tentu membutuhkan power supply untuk dijadikan sumber listrik untuk rangkaian percobaannya. Selama ini saya gunakan adaptor sebagai sumber listrik untuk rangkaian-rangkaian yang saya buat, tapi kemudian saya berpikir bahwa saya membutuhkan Power Supply Variable yang lebih mantap.

Setelah mencari di internet akhirnya saya menemukan skema rangkaian yang tepat, berikut ini adalah skema rangkaian yang saya gunakan.

Regulator catu daya

klik gambar untuk memperbesar


 

Untuk yang didalam garis merah adalah merupakan rangkaian tambahan yang menghasilkan tegangan 5v yang saya gunakan untuk mensupply volt meter digital dan rangkaian yang membutuhkan tegangan 5v.  Rangkaian ini bisa saja dihilangkan jika kamu tidak membutuhkannya.

Prinsip Kerja


Secara garis besar prinsip kerja dari rangkaian ini adalah

- Arus ac 25 v yang berasal dari trafo diubah menjadi tegangan dc setelah melewati D1 - D4 yang merupakan penyearah gelombang penuh/full wave rectifier.

- IC LM723 berfungsi sebagai penyetabil tegangan dan mengatur tegangan output yang diatur oleh R14 yang merupakan potensiometer 5kΩ.

- Arus keluaran dari IC LM723 adalah 150mA oleh karena itu transistor Q1 - Q4 berfungsi sebagai penguat arus yang menguatkan hingga 5A.

Power Supply

Penampakkannya!



Catatan:


- Power Supply yang saya buat menggunakan trafo 5 A yang ampere kecil sedangangkan dipasaran ada 2 jenis trafo yaitu trafo 5A ampere kecil/biasa dan trafo 5A ampere besar/murni, jadi saya kurang tahu jika ada efek lain saat rangkaian ini menggunakan trafo 5A murni.

- Tegangan dari trafo harus TIDAK LEBIH DARI 25 VOLT, karena waktu pertama kali saya buat saya pakai 32 V dan hasilnya IC LM723 langsung rusak. Setelah saya selidiki ternyata setelah melalui kapasitor C1 4700µf/50v tegangannya menjadi lebih dari 40v dan itu melebihi kapasitas maksimal dari IC LM723 yang hanya 40v, otomatis ICnya langsung rusak.

- Transistor Q4 rentan terhadap hubungan pendek, saya pernah gunakan untuk mencharge aki motor juga pernah menggunakannya untuk rangkaian Singing Arc dalam waktu yang lama kedua hal itu ternyata mengakibatkan kaki kolektor dan emitor Q1 menjadi short dan gejala yang ditimbulkan adalah tegangannya menjadi selalu tinggi sekitar 30 v walaupun potensiometernya sudah diputar-putar.

Silahkan simak video berikut ini:




Download file PCB
- Google Drive

25 comments:

  1. gan rangkaian tersebut apa bisa di buat untuk menyalakan laptop?
    kalau ingin di tambhkn voltmeter sma amperemeter di taruh di sebelah mana?
    maaf gan banyak nanya.
    trims sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Bisa cuma tegangannya harus disesuaikan dengan tegangan charger laptop

    Untuk voltmeter dipasang di out power supply

    ReplyDelete
  3. terima kasih master gugun atas informasi dan ilmu nya

    semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  4. bang itu buat suntik tegangan 19v/5v/3v untuk matherboat laptop bisa gak itu om

    ReplyDelete
  5. kalau buat supply satu tegangan ya bisa, tapi klo untuk sekaligus 3 (19, 5 dan 3 volt) ya harus 3 power supplynya

    ReplyDelete
  6. mas saya minta layout ke pcb nya mas. saya baru belajar mas tolong di kirim kan di email saya ya mas.. trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  7. Mas saya mau nanya. kalau potensionya diganti dengan inputan dari keypad, gimana jadinya ya mas cara kerjanya ?

    ReplyDelete
  8. Mas, kalau pake trafo CT 1 ampere bisa gak?. . apa ada pengaruh ke tegangan keluarannya? makasih mas sebelumya.

    ReplyDelete
  9. mas mau tanya saya punya ps.merek orix 1502dd.ps untuk hp,,penyakit nya kini tengan naik trus 16v walopun di turunin volume nya tidak brubah2 mohon pencerahan mas trimasih sblm nya

    ReplyDelete
  10. tolong dong daftar komponen dan pcb layoutnya kirim ke email saya : agungf1993@gmai.com, sama-sama bagi ilmunya gan, mau buat juga

    ReplyDelete
  11. tolong dong daftar komponen dan pcb layoutnya kirim ke email saya : agungf1993@gmai.com, sama-sama bagi ilmunya gan, mau buat juga

    ReplyDelete
  12. untuk R6 dan R16 itu nilainya brp ya? terimakasih

    ReplyDelete
  13. R6 = 75 ohm atau pakai yang 100 ohm kalau susah
    R16 = 1 ohm

    ReplyDelete
  14. Maaf mas saya masih awam banget.. mau tanya :
    1. Itu yg dimaksud sv2-1 dst apa ya?
    2. Trus R14 apakah potensiometer? Kalo iya resistensinya berapa ohm?
    3. Outputnya lewat mana?
    4. Klo pingin masang led (yg kaya 7segment) buat nunjukin tegangan gimana mas yg kaya divideo itu?
    Makasih sorry banyak tanya soalnya pingin nyoba mas.. maklum msi blajar

    ReplyDelete
  15. Maaf mas saya masih awam banget.. mau tanya :
    1. Itu yg dimaksud sv2-1 dst apa ya?
    2. Trus R14 apakah potensiometer? Kalo iya resistensinya berapa ohm?
    3. Outputnya lewat mana?
    4. Klo pingin masang led (yg kaya 7segment) buat nunjukin tegangan gimana mas yg kaya divideo itu?
    Makasih sorry banyak tanya soalnya pingin nyoba mas.. maklum msi blajar

    ReplyDelete
  16. Itu Q1 dan Q2 keluaran di kolektornya berapa volt yaa?

    ReplyDelete
  17. mas boleh minta daftar komponennya nggak?

    ReplyDelete
  18. kalau boleh tolong dikirim ke dedi.wibowo@eseled.com, terima kasih

    ReplyDelete
  19. Mas mau nanya dong fungsi kapasitor setelah dioda penyearah itu untuk filter atau menaikan tegangan,,, dan fungsi resistor pada rangkaian itu untuk apa mas?? Mohon jawabannye mas,,,

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum mas gugun...
    mas gugun boleh minta rangkaian pcb dan dftar komponennya ga ?
    kalo boleh tolong kirim ke email saya mas : ilalang2909@gmail.com

    Saya kepengen sekali belajar mas, masih awam sekali mas.

    Makasih mas

    ReplyDelete
  21. Bang mau tanya kalau pake trafo nol 10 Ampere bisa tidak?

    ReplyDelete
  22. Tolong bagi layout dan daftar komponennya pak... thx ya pak. bonuocell@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Min bagaimana bila output nya 10 ampere apa kah bisa dengan rangkaian di atas?.apa yang perlu di rubah agar output nya jadi 10 ampere.

    ReplyDelete
  24. Bang minta daftar komponennya dong
    Kirim ke attabiq20@gmail.com

    ReplyDelete
  25. Itu trafonya pakai ct atau yg non ct y.??

    ReplyDelete