a

Breaking

Thursday, February 23, 2017

Membuat Rainbow Led

Kali ini saya aka megajak kamu untuk membuat sebuah lampu hias Rainbow Led yang tentuNya unik lain dari yang lain karena meggunakan arduino dan Led Strip addressable RGB. Beginilah hasilnya!


Led strip addresable RGB ini berbeda dengan led strip RGB b iasa, bedanya pada led strip addresable setiap mata lednya bisa diprogram karena didalam satu mata led ini terdapat IC beda dengan led strip RGB biasa yang jika satu led berwarna merah maka yang lainya juga merah. Oke mari kita buat!

Alat dan bahan:



Pembuatan Led:



  • Siapkan tabung frosted akrilik, disini saya mernggunakan tabung frosted akrilik ini agar cahayanya itu menjadi agak blur dan bagian dalam yang berisi led tidak kelihatan.




  • Tempelkan led strip addressable rgb secara spiral ke pipa paralon, disini saya menggunakan led strip dengan panjang 1 meter dan berisi 60 mata led, jika ingin lebih panjang juga bisa tinggal ubah sedikit kodingnya.





Led Strip Addressable RGB mempunyai 3 Pin +5V, GND dan DIN (Data Input)




  • Selanjutnya silahkan berkreatifitas sesuai bahan yang kamu punya yang penting garis besarnya sudah saya jelaskan.


Koneksi Kabel:


Untuk pengkabelannya sangat sederhana sekali. Disini saya menggunakn arduino nano karena bentuknya yang kecil ya walaupun mungkin bisa lebih kecil lagi kalau menggunakan arduino pro mini.


klik gambar untuk memperbesar


Seperti yang bisa kita lihat pada gambar diatas untuk jalur powernya saya ambil dari port micro usb karena saya ingin menggunakan charger hp sebagai sumber tegangannya.

** Jika menggunakan led strip yang panjangnya lebih dari 1 meter, saya sarankan untuk mengambil sumber power 5vnya jangan langsung dari arduino tapi menggunakan power supply yang terpisah.

Source Code:


#include "FastLED.h"

FASTLED_USING_NAMESPACE

// FastLED "100-lines-of-code" demo reel, showing just a few
// of the kinds of animation patterns you can quickly and easily
// compose using FastLED.
//
// This example also shows one easy way to define multiple
// animations patterns and have them automatically rotate.
//
// -Mark Kriegsman, December 2014

#if defined(FASTLED_VERSION) && (FASTLED_VERSION < 3001000)
#warning "Requires FastLED 3.1 or later; check github for latest code."
#endif

#define DATA_PIN 5
//#define CLK_PIN 4
#define LED_TYPE WS2811
#define COLOR_ORDER GRB
#define NUM_LEDS 60
CRGB leds[NUM_LEDS];

#define BRIGHTNESS 96
#define FRAMES_PER_SECOND 120

void setup() {
delay(3000); // 3 second delay for recovery

// tell FastLED about the LED strip configuration
FastLED.addLeds<LED_TYPE,DATA_PIN,COLOR_ORDER>(leds, NUM_LEDS).setCorrection(TypicalLEDStrip);
//FastLED.addLeds<LED_TYPE,DATA_PIN,CLK_PIN,COLOR_ORDER>(leds, NUM_LEDS).setCorrection(TypicalLEDStrip);

// set master brightness control
FastLED.setBrightness(BRIGHTNESS);
}


// List of patterns to cycle through. Each is defined as a separate function below.
typedef void (*SimplePatternList[])();
SimplePatternList gPatterns = { rainbow, rainbowWithGlitter, confetti, sinelon, juggle, bpm };

uint8_t gCurrentPatternNumber = 0; // Index number of which pattern is current
uint8_t gHue = 0; // rotating "base color" used by many of the patterns

void loop()
{
// Call the current pattern function once, updating the 'leds' array
gPatterns[gCurrentPatternNumber]();

// send the 'leds' array out to the actual LED strip
FastLED.show();
// insert a delay to keep the framerate modest
FastLED.delay(1000/FRAMES_PER_SECOND);

// do some periodic updates
EVERY_N_MILLISECONDS( 20 ) { gHue++; } // slowly cycle the "base color" through the rainbow
EVERY_N_SECONDS( 10 ) { nextPattern(); } // change patterns periodically
}

#define ARRAY_SIZE(A) (sizeof(A) / sizeof((A)[0]))

void nextPattern()
{
// add one to the current pattern number, and wrap around at the end
gCurrentPatternNumber = (gCurrentPatternNumber + 1) % ARRAY_SIZE( gPatterns);
}

void rainbow()
{
// FastLED's built-in rainbow generator
fill_rainbow( leds, NUM_LEDS, gHue, 7);
}

void rainbowWithGlitter()
{
// built-in FastLED rainbow, plus some random sparkly glitter
rainbow();
addGlitter(80);
}

void addGlitter( fract8 chanceOfGlitter)
{
if( random8() < chanceOfGlitter) {
leds[ random16(NUM_LEDS) ] += CRGB::White;
}
}

void confetti()
{
// random colored speckles that blink in and fade smoothly
fadeToBlackBy( leds, NUM_LEDS, 10);
int pos = random16(NUM_LEDS);
leds[pos] += CHSV( gHue + random8(64), 200, 255);
}

void sinelon()
{
// a colored dot sweeping back and forth, with fading trails
fadeToBlackBy( leds, NUM_LEDS, 20);
int pos = beatsin16( 13, 0, NUM_LEDS-1 );
leds[pos] += CHSV( gHue, 255, 192);
}

void bpm()
{
// colored stripes pulsing at a defined Beats-Per-Minute (BPM)
uint8_t BeatsPerMinute = 62;
CRGBPalette16 palette = PartyColors_p;
uint8_t beat = beatsin8( BeatsPerMinute, 64, 255);
for( int i = 0; i < NUM_LEDS; i++) { //9948
leds[i] = ColorFromPalette(palette, gHue+(i*2), beat-gHue+(i*10));
}
}

void juggle() {
// eight colored dots, weaving in and out of sync with each other
fadeToBlackBy( leds, NUM_LEDS, 20);
byte dothue = 0;
for( int i = 0; i < 8; i++) {
leds[beatsin16( i+7, 0, NUM_LEDS-1 )] |= CHSV(dothue, 200, 255);
dothue += 32;
}
}

Video:


** Sebenarnya sketch diatas merupakan sketch contoh yang bernama DemoReel100 yang ada pada folder EXAMPLES yang ada dilbrary fastled, nah di folder itu ada beberapa contoh program yang bisa diterapkan pada rangkaian ini untuk itu selamat mencoba!!

2 comments:

  1. […] Untuk pembuatannya silahkan kamu baca di artikel saya sebelumnya http://kataiputih.com/arduino/membuat-rainbow-led/ […]

    ReplyDelete